Contents

Whatsapp Web Bisa Digunakan Tanpa Tersambung Ke Smartphone

WhatsApp Web kini bisa digunakan tanpa tersambung ke smartphone. Ya, kini fitur itu sudah tersedia di aplikasi chatting terpopuler ini dengan nama fitur multi-device. Kita dapat mengirim dan menerima pesan menggunakan WhatsApp Web di laptop atau PC dengan kondisi smartphone tidak tersambung ke internet. Saat saya menulis postingan ini, fitur multi-device masih berstatus beta. Sebelum fitur ini tersedia, jika kita ingin menggunakan WhatsApp Web, smartphone kita harus dalam keadaan aktif dan tersambung ke internet, jika smartphone kehabisan baterai atau tidak memiliki sambungan internet, otomatis WhatsApp Web juga tidak bisa digunakan.

Fitur seperti ini sebenarnya sudah lama di aplikasi sejenis seperti telegram, tapi mungkin karena cara kerja WhatsApp yang menggunakan enkrispi end-to-end dan tidak menyimpan pesan di server WhatsApp, sehingga fitur multi-device baru tersedia saat ini.

Cara menggunakan fitur multi-device

Mengaktifkan fitur multi-device

Karena fitur ini masih versi beta, fitur ini perlu di aktifkan terlebih dahulu. Sebelumnya pastikan untuk mengupdate aplikasi WhatsApp pada smartphone dengan versi yang terbaru.

  1. Buka WhatsApp, kemudian pilih opsi lainnya (tanda di pojok kanan atas).
  2. Pilih Perangkat tertaut.
  3. Pilih Beta multiperangkat.
  4. Pilih Gabung dengan versi beta.

Masuk ke WhatsApp Web

  • Buka WhatsApp Web menggunakan laptop atau PC di alamat web.whatsapp.com. Halaman akan menampilkan kode QR.
  • Buka WhatsApp pada perangkat smartphone
    1. Pilih opsi lainnya (tanda di pojok kanan atas).
    2. Pilih Perangkat tertaut.
    3. Pilih Tautkan perangkat.
    4. Pindai kode QR yang ada di WhatsApp Web.

Cara Menggunakan Multi Device

Pada saat pertamakali terhubung, prosesnya agak lama hingga WhatsApp Web bisa digunakan. Itu dikarenakan WhatsApp Web dan smartphone sedang menyinkronkan pesan sehingga perlu waktu. Ketika saya mencoba, butuh waktu sekitar 2 menit untuk WhatsApp Web bisa terbuka dan butuh tambahan waktu lagi sekitar 1 menit hingga chat terbaru muncul di WhatsApp Web. Waktu total sekitar 3 menit itu didapatkan dengan kondisi internet baik di smartphone maupun laptop saya sedang dalam kondisi stabil dan bagus. Bagi yang koneksi internetnya lambat mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari itu. Tetapi setelah WhatsApp Web di laptop terhubung, untuk selanjutnya proses untuk membuka WhatsApp Web tidak begitu lama.

Ketentuan mengenai fitur multi-device

Saat ini terdapat beberapa ketentuan mengenai fitur ini diantaranya:

  1. Kita dapat menggunakan fitur multi-device pada laptop atau PC hingga 4 perangkat sekaligus. tetapi di smartphone kita hanya bisa mendaftarkan satu nomor telepon di satu perangkat smartphone pada waktu yang bersamaan. Jadi kita tidak bisa menggunakan dua atau lebih smartphone menggunakan nomor yang sama.
  2. Kita harus mendaftarkan perangkat laptop atau PC untuk pertamakali agar bisa terhubung dengan memindai kode QR seperti pada poin ini. Pemindaian kode QR ini hanya satu kali, untuk selanjutnya tidak perlu lagi selama kita tidak keluar dari WhatsApp Web atau menghapus perangkat melalui smartphone.
  3. Jika smartphone tidak aktif selama lebih dari 14 hari, perangkat yang terhubung akan terputus.

Fitur-fitur yang tidak tersedia

Menurut dokumentasi resminya, ada beberapa fitur yang tidak tersedia di multi-device. Yang paling terasa bagi saya adalah kita belum bisa melakukan panggilan suara/video menggunakan WhatsApp Web walaupun sudah mengaktifkan fitur multi-device. Jadi jika ada yang telepon ke nomor WhatsApp kita dan saat itu smartphone sedang tidak aktif, di WhatsApp Web tidak muncul apapun. Notifikasi baru muncul ketika panggilan sudah tidak terjawab.

https://d33wubrfki0l68.cloudfront.net/916124809834b89c51999e27c11c70af8fb6d699/98318/media/2022/01/whatsapp-server-error.png
WhatsApp Server Error

Selain itu karena fitur ini masih versi beta, masih terdapat error atau loading yang cukup lama. Seperti yang saya pernah alami, saat menggunakan WhatsApp Web yang muncul halaman error seperti gambar diatas. Walaupun begitu, bagi saya fitur ini sangat membantu.

Semoga bermanfaat. 👋.

Sumber: https://faq.whatsapp.com/general/download-and-installation/about-multi-device-beta/